PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN BILANGAN SAMPAI DUA ANGKA DAN NILAI TEMPAT PENYUSUNAN LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN KUMPULAN BENDA KONKRET SERTA CARA MEMBACANYA MELALUI METODE DE
Keywords:
Metode Demonstrasi Proses pembelajaran, Hasil BelajarAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian adalah hasil belajar materi bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusunan lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya melalui metode demonstrasi siswa kelas I semester I tahun pelajaran 2019/2020 SD Negeri Pagiyanten 01 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal melalui metode demonstrasi mencapai tuntas belajar 85% mencapai KKM 65. Penelitian menggunakan pendakatan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek Penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri Pagiyanten 01 yang berjumlah 23 orang siswa yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui pemberian motivasi belajar dan tes prestasi belajar materi soal cerita. Tektik analisis data dengan membandingkan prosentasi aktivitas belajar dan prestasi belajar antar siklus, kemudian menafsirkannya dalam bentuk kualitatif. Hasil penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat meningkatkan rata-rata hasil belajar materi soal matematika menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah melalui metode demonstrasi siswa kelas I semester I tahun pelajaran 2019/2020 SD Negeri Pagiyanten 01 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020 mencapai hasil belajar dengan rata-rata 74, yaitu dari sebelum tindakan rata-rata hasil belajar 64, setelah dilakukan tindakan siklus I rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 67 dan setelah tindakan siklus II rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 74.