PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN BERBAGAI BENTUK PECAHAN ( BIASA, CAMPURAN, DESIMAL, DAN PERSEN ) DAN HUBUNGAN DI ANTARANYA MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS IV SEMESTER I T

  • Septiati Marhaeni SD Negeri Pagedangan 01
Keywords: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Proses pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian adalah hasil belajar materi menjelaskan berbagai bentuk pecahan ( biasa, campuran, desimal, dan persen ) dan hubungan di antaranya pada siswa kelas IV Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020 SD Negeri Pagedangan 01 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal  melalui metode demonstrasi mencapai tuntas belajar 85% mencapai KKM 70. Penelitian menggunakan pendakatan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek Penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Pagedangan 01 yang berjumlah 29 orang siswa yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui pemberian motivasi belajar dan tes prestasi belajar materi memahami luas segitiga, persegi panjang, dan persegi. Tektik analisis data dengan membandingkan prosentasi aktivitas belajar dan prestasi belajar antar siklus, kemudian menafsirkannya dalam bentuk kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Metode demonstrasi dapat meningkatkan rata-rata hasil belajar materi memahami luas segitiga, persegi panjang, dan persegi melalui metode demonstrasi siswa kelas IV semester I tahun pelajaran 2019/2020 SD Negeri Pagedangan 01 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020 mencapai hasil belajar dengan rata-rata 75, yaitu dari sebelum tindakan rata-rata hasil belajar 68, setelah dilakukan tindakan siklus I rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 73 dan setelah tindakan siklus II rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 80.

 

Published
2020-03-17