PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI BARISAN DAN DERET BILANGAN KELAS IX C SMP NEGERI 2 BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Darnawi Darnawi

Keywords:

Aktivitas, hasil belajar, model pembelajaran Quantum Teaching

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi barisan dan deret bilangan dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Subyek penelitian siswa kelas IX-C yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan  aktivitas dan hasil belajar materi barisan dan deret bilangan terjadi peningkatan, terlihat dari aktivitas  dan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I rata-rata aktivitas 12,44 dengan kategori cukup aktif sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 15,98 dengan kategori aktif. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 74,84 meningkat menjadi 77,97 pada siklus II, terjadi peningkatan sebesar 3,13. Pada aspek ketuntasan belajar siswa terjadi peningkatan yang signifikan sebesar 19%, dimana pada siklus I siswa tuntas  sebesar  69%, sedangkan pada siklus II siswa tuntas sebesar 88%.

Downloads

Published

2020-03-17

How to Cite

Darnawi, D. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI BARISAN DAN DERET BILANGAN KELAS IX C SMP NEGERI 2 BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1). Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/527