UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI RELASI DAN FUNGSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION ( TAI ) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII G SMP NEGERI 2 WARUREJA SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 201

  • Jumhuriyah Jumhuriyah SMP Negeri 2 Warureja
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Team Assisted individualization (TAI), Relasi dan Fungsi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik  pada mata pelajaran Matematika materi Relasi dan Fungsi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization bagi peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 2 Warureja Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakankan oleh guru matematika sekaligus sebagai peneliti dan dibantu oleh kolaborator di SMP Negeri 2 Warureja. Sedangkan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 2 Warureja Kabupaten Tegal, semester gasal, Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitiian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini ada dua yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas yang berlangsung 2 siklus penelitian dan  data disimpulkan aktivitas masih rendah, setelah dilakukan tindakan kelas  pada siklus I sebesar 67.8 % dan siklus II mencapai 77,8  %. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan pada analisis nilai tes hasil belajar diketahui pada hasil ulangan sebelumnya ketuntasaan klasikal 40 %, pada siklus I sebesar 53 % dan  pada siklus II sebesar 77 %.

 

 

Published
2020-03-17