PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA REALITA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SRENGSENG 02 KECAMATAN PAGERBARANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Marzuki Marzuki SD Negeri Srengseng 02
Keywords: media tiga dimensi, hasil belajar, bangun ruang

Abstract

Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar sekaligus memperbaiki proses pembelajaran bangun ruang melalui penggunaan media realita pada siswa kelas V SD Negeri Srengseng 02 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model siklus yang berulang dan berkelanjutan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Srengseng 02 yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar materi bangun ruang. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas V melalui penggunaan media realita berupa model-model bangun ruang. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai siswa materi bangun ruang sebelum dan sesudah diberi tindakan. Peningkatan nilai rata-ratanya yaitu dari prasiklus sebesar 58,25, siklus I sebesar 73,5 dan pada siklus II menjadi 84. Persentase ketuntasan pada prasiklus mencapai 40%, siklus I mencapai 65% dan pada siklus II mencapai 95%. Dari hasil tersebut dapat dilihat adanya peningkatan nilai rata-rata dari prasiklus ke siklus II sebesar 25,75. Selain itu, kualitas proses pembelajaran juga meningkat. Peningkatan aktivitas siswa yaitu dari siklus I sebesar 52% menjadi 77,5% pada siklus II dengan kategori baik.

 

 

Published
2020-03-17