PENGARUH AKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MIND MAPPING DAN GEOBOARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII

Authors

  • Eris Firdaus
  • Medalia Subhi
  • Eka Farida Fasha

Keywords:

TGT, Mind Mapping, Geoboard, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh aktivitas model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran teams games tournament berbantuan mind mapping dan geoboard. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dengan dua kelas sampel yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas belajar siswa dan lembar tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah aktivitas belajar siswa kelas eksperimen mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dengan besar pengaruh sebesar 71,6%.

 

 

Downloads

Published

2020-03-17

How to Cite

Firdaus, E., Subhi, M., & Fasha, E. F. (2020). PENGARUH AKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MIND MAPPING DAN GEOBOARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1). Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/532