DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN SOAL BERGAMBAR

  • Ninda Yulianti Pendidikan Matematika Unversitas Pancasakti
Keywords: Eksperimen, Model Pembelajaran Numbered head together, Kemampuan pemecahan masalah, Masalah gambar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII menggunakan model pembelajaran numbered head together dengan bantuan pertanyaan bergambar. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel purposive. Sampel yang diambil adalah 1 kelas eksperimen, 1 kelas kontrol, dan 1 kelas percobaan. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah tes dengan tingkat signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji-t sisi kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kepala bernomor bersama dengan batu bergambar lebih baik daripada yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Itu dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan kepala bernomor bersama model dibantu dengan pertanyaan bergambar dari kelas kontrol yang diajarkan menggunakan model langsung, yaitu dengan rata-rata kelas eksperimen 75.118 dan kelas kontrol 48.606.

 

Published
2020-03-17