KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Imam Syapii
  • Paridjo Paridjo
  • Wikan Budi Utami

Keywords:

Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending, Keefektifan, Prestasi Belajar Siswa.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending dengan model pembelajaran Discovery Learning, 2) apakah prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending lebih baik daripada model pembelajaran Discovery Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dan dilanjutkan dengan cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 1 kelas sebagai kelas eksperimen, 1 kelas sebagai kelas kontrol, dan 1 kelas sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji t dua pihak dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa diajar menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Exending daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, 2) prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Exending lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning.

Downloads

Published

2021-09-03

How to Cite

Syapii, I., Paridjo, P., & Utami, W. B. (2021). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2). Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/660

Issue

Section

Articles