KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS

Authors

  • Desy Ismatur Rosidah
  • Eleonora Dwi W
  • Paridjo Paridjo

Keywords:

Keefektifan, Student Team Achievement Division, Alat Peraga, Pemahaman Matematis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) apakah kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division berbantuan alat peraga melampaui KKM sebesar 60%. (2) apakah perbedaan kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division berbantuan alat peraga dengan peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division tanpa berbantuan alat peraga. (3) apakah model pembelajaran Student Team Achievement Division berbantuan alat peraga lebih baik dari model pembelajaran Student Team Achievement Division tanpa berbantuan alat peraga. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI semester genap SMK PGRI 2 Taman Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas eksperimen I, 2 kelas eksperimen II, dan 1 kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, uji t dua pihak kanan, dan uji t pihak kanan dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil penelitian menyatakan bahwa : (1) kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division berbantuan alat peraga dapat melampaui KKM 70 sebesar 60%. (2) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division berbantuan alat peraga dengan peserta didik yang di ajar dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division tanpa berbantuan alat peraga. (3) model pembelajaran Student Team Achievement Division berbantuan alat peraga lebih baik dari model pembelajaran Student Team Achievement Division tanpa berbantuan alat peraga.

Downloads

Published

2021-02-02

How to Cite

Rosidah, D. I., Dwi W, E., & Paridjo, P. (2021). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2). Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/661

Issue

Section

Articles