EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMIC COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Dinda Indah Mawaddah
  • Ponoharjo Ponoharjo
  • Wikan Budi Utami

Keywords:

Efektivitas, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) Nilai prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Daring melalui media WhatsApp Group mencapai KKM 50%. (2) prestasi belajar sesudah menggunakan model pembelajaran daring melalui media WhatsApp Group rata-ratanya di atas KKM. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTS NU Wahid Hasyim Talang tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak satu kelas yaitu kelas VIIA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji  proporsi dan uji t satu sampel dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Nilai prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Daring melalui media WhatsApp Group mencapai KKM 50%.. (2) prestasi belajar sesudah menggunakan model pembelajaran daring melalui media WhatsApp Group rata-ratanya di atas KKM. (3) Hasil belajar sesudah menggunakan model pembelajaran daring lebih baik dari hasil belajar sebelum menggunakan model pembelajaran daring.

Downloads

Published

2021-02-03

How to Cite

Mawaddah, D. I., Ponoharjo, P., & Utami, W. B. (2021). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMIC COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2). Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/664

Issue

Section

Articles