PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Authors

  • Elma Hidayatun. N
  • Sofri Rizka Amalia
  • Dedi Nur Aristiyo

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan masalah, Student Facilitator and Explaining

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan untuk mengetahui kelebihan dari model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif bersifat studi literatur/kepustakaan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan dokumen berupa jurna-jurnal tentang penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining, kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu : Organize, Synthesis dan identify. Berdasarkan ringkasan dari beberapa  jurnal-jurnal, keseluruhan hasil menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemahaman konsep sampai memperoleh hasil belajar yang cukup signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran yang lain. Dan dari jural-jurnal tersebut menunjukkan bahwa model tersebut mempunyai kelebihan yaitu model pembelajaran Student Facilitator and Explaining melatih siswa menjadi aktif, percaya diri dan kreatif dalam mengembangkan potensi yang dimiliki.

Downloads

Published

2021-02-03

How to Cite

Hidayatun. N, E., Amalia, S. R., & Aristiyo, D. N. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2). Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/668

Issue

Section

Articles