PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
Keywords:
Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan masalah, Student Facilitator and ExplainingAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan untuk mengetahui kelebihan dari model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif bersifat studi literatur/kepustakaan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan dokumen berupa jurna-jurnal tentang penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining, kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu : Organize, Synthesis dan identify. Berdasarkan ringkasan dari beberapa jurnal-jurnal, keseluruhan hasil menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemahaman konsep sampai memperoleh hasil belajar yang cukup signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran yang lain. Dan dari jural-jurnal tersebut menunjukkan bahwa model tersebut mempunyai kelebihan yaitu model pembelajaran Student Facilitator and Explaining melatih siswa menjadi aktif, percaya diri dan kreatif dalam mengembangkan potensi yang dimiliki.