PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

Authors

  • Sherly Nabilla Nabilla
  • Eris Fanny Firdaus

Keywords:

Problem Posing, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis siswa dan untuk mengetahui kelebihan model pembelajaran problem posing. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif bersifat studi kepustakaan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan dokumen berupa jurnal-jurnal yang berkaitan. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu : Organize, Synthesis dan Identify. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran problem posing mampu untuk meningkatkan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis. Ini terlihat dari banyaknya teori-teori dan penelitian-penelitian yang mendukung terkait model pembelajaran problem posing dalam meningkatkan kemampuan pemecahan dan berpikir kritis matematis. Dan berdasarkan penelitian model pembelajaran problem posing  memiliki kelebihan yaitu model pembelajaran problem posing  menjadikan siswa belajar menganalisa masalah, melatih menjadi aktif dan kreatif, serta melatih kepercayaan dirinya dengan kemampuan yang dimiliki.

Downloads

Published

2021-02-03

How to Cite

Nabilla, S. N., & Firdaus, E. F. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2). Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/669

Issue

Section

Articles