ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN TINGKATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS
Keywords:
HOTS, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kesalahan Peserta DidikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketercapaian indikator kemampuan pemecahan masalah dan kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dalam menyeleaikan soal uraian tingkatan HOTS. Subjek penelitian diambil 3 peserta didik dari kelas X MIA di SMA Al-Irsyad Kota Tegal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian indikator kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal uraian tingkatan HOTS meliputi: 1) S1 mencapai indikator kegiatan memahami masalah karena dapat menuliskan unsur diketahui dan apa yang ditanyakan dalam soal, 2) S1, S2, dan S3 mencapai indikator kegiatan merencanakan strategi karena mampu merencanakan strategi pemecahan masalah dengan menuliskannya dalam bentuk model matematika, 3) S1 dan S2 mencapai indikator kegiatan melaksanakan perhitungan karena mampu menyelesaikan model matematika dengan tepat, 4) S1 dan S2 mencapai indikator kegiatan memeriksa kembali kebenaran hasil dan solusi karena mampu menafsirkan hasil terhadap masalah semula. Kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik meliputi: 1) S2 dan S3 melakukan kesalahan membaca karena ada simbol matematika yang tidak dibaca pada saat membaca soal, 2) S3 melakukan kesalahan pada tahap kemampuan proses karena memilih operasi matematika yang sesuai tetapi tidak dapat menyelesaikannya dengan tepat, 3) S3 melakukan kesalahan pada tahap penulisan jawaban karena tidak dapat menuliskan jawaban dengan tepat.