ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK

Authors

  • Kisma Puspa Ningrum
  • M. Shaefur Rokhman
  • Wikan Budi Utami

Keywords:

analisis, kemampuan koneksi matematis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK An Nur Slawi pada materi matriks. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Subjek penelitian sebanyak dua peserta didik yaitu peserta didik kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK An Nur Slawi Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan koneksi matematis peserta didik masih tergolong rendah. Peserta didik belum dapat memenuhi semua indikator kemampuan koneksi matematis. Hal ini dikarenakan peserta didik masih kesulitan untuk memahami dan menyelesaikan semua soal yang diujikan serta tidak teliti saat membaca soal. Peserta didik lebih cenderung menyelesaikan soal menggunakan satu cara dan tidak mampu mencari dan menjelaskan cara yang lain karena peserta didik kesulitan untuk menghubungkan konsep dan pengetahuan yang telah dimiliki. Peserta didik tidak dapat menerapkan konsep matriks yang seharusnya digunakan untuk menjawab soal. Selain itu, peserta didik dapat menuliskan suatu konsep perhitungan tetapi tidak dapat memahami dan menjelaskan konsep yang sebenarnya. Peserta didik tidak dapat menjelaskan kaitan soal dengan materi yang lain dan tidak mampu mengaitkan permasalahan yang sesuai dengan soal dalam kehidupan nyata atau sehari-hari.

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

Ningrum, K. P., Rokhman, M. S., & Utami, W. B. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1). Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/688

Issue

Section

Articles