ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

  • Riska Nurmalita D Universitas Pancasakti Tegal
  • Wikan Budi Utami Universitas Pancasakti Tegal
  • Isnani Isnani Universitas Pancasakti Tegal
Keywords: Dyscalculia, Analisis, kesulitan belajar matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: Mendeskripsikan letak dan jenis kesulitan belajar matematika pada siswa tunagrahita ringan dalam menyelesaikan soal operasi bilangan bulat kelas IV SLB Negeri Slawi; dan Mendeskripsikan penyebab kesulitan belajar matematika pada siswa tunagrahita ringan dalam menyelesaikan soal operasi bilangan bulat kelas IV SLB Negeri Slawi. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif.  Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SLB Negeri Slawi Tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: letak kesulitan yang dialami siswa tunagrahita ringan di SLB Negeri Slawi adalah mengoperasikan bilangan penjumlahan dan pengurangan, kesulitan memahami soal cerita, kesulitan menggunakan simbol lebih dari atau kurang dari, kesulitan mengingat ide atau konsep Matematika yang telah diajarkan, membandingkan bilangan untuk melihat mana yang lebih kecil atau lebih besar. Jenis dyscalculia di SLB Negeri Slawi adalah dyscalculia kualitatif, dyscalculia kuantitatif, dyscalculia intermediate, dyscalculia practognostic, dyscalculia grafis, dyscalculia indiagnostik, dan dyscalculia operasional. Faktor penyebab terjadinya kesulitan belajar matematika siswa : tunagrahita atau adanya keterbatasan intelegensi siswa yang merupakan bawaan dari lahir, kurangnya fasilitas yang ada disekolah, adanya keterbatasan ekonomi orangtua.

Published
2021-04-01
Section
Articles