PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE TUTOR SEBAYA MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS X MIPA 2 SEMESTER 2 SMA NEGERI 4 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Rosuli Rosuli SMA Negeri 4 Tegal
Keywords: metode tutor sebaya, aktivitas belajar, hasil belajar

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar, dan seberapa besar peningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi trigonometri dengan metode tutor sebaya  bagi siswa  siswa kelas X MIPA 2 semester 2 SMA Negeri 4 Tegal tahun pelajaran 2019/2020?. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2  tahun pelajaran 2019/2020. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 4 Tegal yang berjumlah 34 orang dan dibagi menjadi kelompok yaitu kelompok tutor (8 siswa) dan kelompok teman (26 siswa). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melaksanakan dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpulan data meliputi butir soal tes dan lembar pengamatan.    Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas belajar materi trigonometri bagi siswa  kelas X MIPA 2 SMA Negeri 4 Tegal semester 2 tahun pelajaran 2019/2020 dari kondisi awal banyak siswa yang pasif ke kondisi akhir banyak siswa yang aktif dan hasil belajar siswa  meningkat dari kondisi awal prosentase jumlah siswa yang tuntas (telah memenuhi KKM) sebesar 61,76 % meningkat pada Siklus I yang tuntas belajar 73,53 % dan pada kondisi akhir siklus II menjadi 85,29 % .

Published
2021-03-31
Section
Articles