ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DITINJAU DARI SELF- EFFICACY SISWA

Authors

  • Eka Farida Fasha
  • Wahyu Setia Lailya

Keywords:

self-efficacy., higher order thinking skills, pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari self-efficacy siswa menurut tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada tingkat menganalisis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian survei. Teknik analis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang mengambil jurusan Matematika dan IPA yang sudah mempelajari materi program linier. Hasil analisis data menunjukkan siswa dengan self-efficacy­ tinggi memiliki tingkat pemecahan masalah dalam kategori cukup baik, siswa dengan self-efficacy­ sedang memiliki tingkat pemecahan masalah dalam kategori baik, cukup baik dan kurang baik. Sedangkan siswa dengan self-efficacy­ rendah memiliki tingkat pemecahan masalah dalam kategori kurang baik.

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

Fasha, E. F., & Lailya, W. S. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DITINJAU DARI SELF- EFFICACY SISWA: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1). Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/691

Issue

Section

Articles