ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKANSOAL KUBUS DAN BALOK DI TINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL KELAS VIII MTS AL-ITTIHADIYAH GALUH TIMUR
Keywords:
Kemampuan Spasial, geometriAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesulitan siswa pada kategori kemampuan spasial sedang, tinggi dan rendah dalam menyelesaikan soal kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan objek penelitian siswi MTS Al-Ittihadiyah Galuh Timur. Pengumpulan data juga dilakukan melalui observasi, angket, tes kesulitan belajar, wawancara hingga dokumentasi untuk mendapatkan analisis yang tepat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kemampuan siswa dengan tingkat spasial tinggi kurang memiliki kemampuan spatial visualization dimana mereka kesulitan dalam menentukan maksud dalam soal cerita yang diberikan. Sedangkan, tingkat spasial sedang kurang memiliki kemampuan spatial visualization dan orientation yaitu kesulitan dalam pengolahan data dan penerjemahan soal cerita menjadi bentuk informasi dalam soal, serta untuk siswa dengan kemapuan spasial rendah kurang memiliki kemampuan spasial orientation, speeded rotation maupun visualization dimana terlihat dari kurangnya kemampuan dalam pemahaman konsep soal, penerjemahan maksud bahasa dalam soal cerita, pengolahan data hingga penyelesaian soal.