PEMBELAJARAN MODEL POE BERBASIS KONTEKTUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENERAPAN MATEMATIKA
Keywords:
Kontekstual, POEAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan, menguji keefektifan model POE berbasis kontekstual dengan pembelajaran secara konvensional serta bisa menerapkan matematika disegala dibidang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengukur aktivitas siswa, tes untuk mengukur pemahaman konsep, angket untuk mengetahui respons siswa terhadap model pembelajaran. Perangkat pembelajaran valid berdasarkan rata – rata skor validasi ahli dengan katagori baik, praktis dilihat dari skor kepraktisan respon siswa, pembelajaran yang effektif menggunakan uji proforsi, uji banding, uji regresidan uji gain. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan model POE berbasis kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar, serta efektif digunakan dalam meningkatkan pemahaman konsep dalam belajar.