PEMBELAJARAN MODEL POE BERBASIS KONTEKTUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENERAPAN MATEMATIKA

Authors

  • Ali Wardana
  • Anwar Ardani

Keywords:

Kontekstual, POE

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan, menguji keefektifan model POE berbasis kontekstual dengan pembelajaran secara konvensional serta bisa menerapkan matematika disegala dibidang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengukur aktivitas siswa, tes untuk mengukur pemahaman konsep, angket untuk mengetahui respons siswa terhadap model pembelajaran. Perangkat pembelajaran valid berdasarkan rata – rata skor validasi ahli dengan katagori baik, praktis dilihat dari skor kepraktisan respon siswa, pembelajaran yang effektif menggunakan uji proforsi, uji banding, uji regresidan uji gain. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan model POE berbasis kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan  motivasi belajar, serta efektif digunakan dalam meningkatkan pemahaman konsep dalam belajar.

 

Downloads

Published

2021-04-04

How to Cite

Wardana, A., & Ardani, A. (2021). PEMBELAJARAN MODEL POE BERBASIS KONTEKTUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENERAPAN MATEMATIKA: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1). Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/697

Issue

Section

Articles