ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DI MASA PANDEMI DITINJAU DARI GENDER KELAS V SD NEGERI KALIGIRI 02 SIRAMPOG
Keywords:
Berpikir kritis matematis, Gender, PandemiAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa di masa pandemi ditinjau dari gender kelas V SD Negeri Kaligiri 02 Sirampog. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini mengambil 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis dalam pemecahan masalah siswa laki-laki berbeda dengan penerapan pemecahan masalah siswa perempuan. Hal itu ditunjukkan dari hasil tes dan wawancara pada siswa laki-laki dan perempuan. Dari 6 indikator siswa laki-laki hanya mampu menggunakan 2 langkah dalam penyelesaian masalah yaitu, pertama (identify) menyebutkan pokok permasalahan. Kedua, (define) Menyebutkan informasi yang dibutuhkan. Siswa perempuan mengambil 4 langkah dalam memecahkan masalah yaitu: pertama (identify) menyebutkan pokok permasalahan, kedua (define) Menyebutkan informasi yang dibutuhkan, ketiga (enumerate) membuat cara dan strategi dan (self-correct) mengoreksi hasil jawaban dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki dalam hal kemampuan berpikir kritis matematis di masa pandemi lebih rendah dibandingkan perempuan.