PENGEMBANGAN INTUISI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DISEKOLAH MENENGAH

Authors

  • Ali Wardana
  • Rochmad Rochmad
  • Isnarto Isnarto

Keywords:

Pengembangan Intuisi,, Pemecahan Masalah.

Abstract

Abstrak

Kemampuan dalam berintuisi merupakan kemampuan yang dapat muncul dari bawah sadar untuk memahami sesuatu tanpa perlu dipelajari dan dipikirkan secara mendalam terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa serta mengembangkan bahan ajar berbasis pendekatan pendidikan matematika realistik yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah. Matematika merupakan bahasa symbol yang memiliki makna guna membantu persoalan-persoalan sehari-hari. Pokok dalam matematika didasrakan pada oeprasi hitung bilanga, kemudian operasi hitung bilangan didasarkan pada operasi penjumlahan. Intuisi dalam pembelajaran matematika dapat membantu terhadap dasar pemahaman siswa terhadap persoalan matematika. Tanpa berpikir dengan mendalam, ketika siswa menyebutkan bilangan maka dengan mudah akan mampu menyebutkannya. Sehingga kemampuan intuisi siswa dalam pembelajaran matematika dapat dijadikan dasar pemahaman matematika.

Downloads

Published

2022-01-05

How to Cite

Wardana, A., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2022). PENGEMBANGAN INTUISI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DISEKOLAH MENENGAH: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2). Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/881

Issue

Section

Articles