PEMBELAJARAN METAPHORMING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS TRIGONOMETRI

Authors

  • Eka Farida Fasha
  • Eliza Ulva Sari
  • An Nur Ami Widodo

Keywords:

Mind Mapping, Metaphormin

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Metaphorming berbantuan Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kritis matematis pada pokok bahasan perbandingan trigonometri sudut berelasi. Keefektifan dilihat dari tingkat ketuntasan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, perbandingan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Paguyangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen X TKJ dan kelas kontrol X TSM yang ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan, uji banding dan uji regresi. Hasil dari penelitian ini model pembelajaran Metaphorming berbantuan Mind Mapping efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Downloads

Published

2022-01-05

How to Cite

Fasha, E. F., Ulva Sari, E., & Widodo, A. N. A. (2022). PEMBELAJARAN METAPHORMING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS TRIGONOMETRI: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2). Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/883

Issue

Section

Articles