MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DIGITAL
Keywords:
motivasi belajar, pembelajaran digitalAbstract
Abstrak
Penggunaan media yang tepat dalam pembelajaran digital diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran digital yang diterapkan di program studi Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu adalah Kuesioner. Kuesioner dalam penelitian ini yaitu pertanyaan tertulis yang dipertanyakan kepada 99 responden melalui google form mengenai motivasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran digital. Penggunaan El Sakti dalam pembelajaran adalah sebesar 66,67 %. Pemanfaatan El Sakti dalam pemberian materi oleh dosen sebesar 64.65 %. Adanya respon mahasiswa berkaitan dengan selalu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dosen melalui whatsapp, zoom/google meet dan google classroom memberikan bukti bahwa mahasiswa mempunyai respon yang baik dalam penilaian.