PENGEMBANGAN E-MODUL BERMUATAN ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII

  • A’izul Farida Istiqomah universitas Peradaban
  • Dedi Nur Aristiyo universitas Peradaban
  • Sofri Rizka A universitas Peradaban
Keywords: E-Module, Ethnomathematics,, Interest in Learning

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran berupa e-Modul aritmatika sosial bermuatan etnomatematika untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII MTs Annidhomiyah NU Buniwah dan untuk mengetahui perbedaan respon minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media e-Modul aritmatika sosial bermuatan etnomatematika tersebut. Metode penelitian ini yaitu Research and Development (RnD) dan model ADDIE yang meliputi 5 tahap, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation and  Evaluation.  Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan e-Modul aritmatika sosial bermuatan etnomatematika valid digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa. (2) Pengembangan e-Modul aritmatika sosial bermuatan etnomatematika efektif digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa. (3) E-Modul aritmatika sosial bermuatan etnomatematika praktis digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Published
2022-01-05
Section
Articles