PENGEMBANGAN E-MODUL BERMUATAN ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII

Authors

  • A’izul Farida Istiqomah
  • Dedi Nur Aristiyo
  • Sofri Rizka A

Keywords:

E-Module, Ethnomathematics,, Interest in Learning

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran berupa e-Modul aritmatika sosial bermuatan etnomatematika untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi aritmatika sosial kelas VII MTs Annidhomiyah NU Buniwah dan untuk mengetahui perbedaan respon minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media e-Modul aritmatika sosial bermuatan etnomatematika tersebut. Metode penelitian ini yaitu Research and Development (RnD) dan model ADDIE yang meliputi 5 tahap, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation and  Evaluation.  Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan e-Modul aritmatika sosial bermuatan etnomatematika valid digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa. (2) Pengembangan e-Modul aritmatika sosial bermuatan etnomatematika efektif digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa. (3) E-Modul aritmatika sosial bermuatan etnomatematika praktis digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Downloads

Published

2022-01-05

How to Cite

Istiqomah, A. F., Aristiyo, D. N., & Rizka A, S. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL BERMUATAN ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2). Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/885

Issue

Section

Articles