Dampak Electronic Word Of Mouth (eWom) pada Smarthphone Xiaomi

Authors

  • Sarah Dien Hawa

Keywords:

eWom, Citra merek, Kepercayaan merek, Kepercayaan

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth terhadap minat beli produk smartphone Xiaomi dengan brand image dan brand trust sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna smartphone Xiaomi. Uji hipotesis menggunakan Structural Equational Modelling (SEM) yang diolah dengan aplikasi AMOS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap citra merek, (2) Electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap kepercayaan merek, (3) Citra merek tidak berpengaruh positif terhadap minat beli, (4) Kepercayaan merek berpengaruh positif terhadap minat beli, (5) Electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap minat beli, (6) Citra merek tidak memediasi hubungan kausal antara electronic word of mouth terhadap minat beli, (7) Kepercayaan merek memediasi hubungan kausal antra electronic word of mouth terhadap minat beli. EWOM menjadi strategi utama bagi Xiaomi dalam memasarkan produknya akan lebih baik apabila Xiaomi mempertahankan eWOM positif yang ada. Membuka outlet resmi xiaomi juga menjadi salah satu media untuk mempromosikan produknya di masyarakat dan meningkatkan rasa aman bagi konsumen. Dengan rasa aman yang lebih maka kepercayaan pada merek Xiaomi akan menigkat sehingga diharapkan pada ahirnya akan meningkat juga minat beli smartphone Xiaomi. Untuk meningkatkan citra merek di mata konsumenya Xiaomi harus lebih banyak menigkatkan promosi secara langsung di berbagai media.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Hawa, S. D. (2021). Dampak Electronic Word Of Mouth (eWom) pada Smarthphone Xiaomi: Array. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Peradaban, 2(2), 27–34. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jsitp/article/view/937