Upaya Meningkatkan Kreatifitas dan Hasil Belajar IPA Materi Lapisan Bumi melalui Model Pembelajaran Discovery dengan Pembuatan Mind Map pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 2 Jatinegara Semester II Tahun Pelajaran 2019/2022
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v6i1.1178Keywords:
Hasil Belajar, Kreatifitas, Model Pembelajaran, Discovery, Mind MapAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran IPA materi Lapisan Bumi menggunakan model pembelajaran Discovery dengan pembuatan Mind Map pada siswa kelas VII D SMP Negeri II Jatinegara, Semester 2, Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA Lapisan Bumi menggunakan model pembelajaran Discovery dengan pembuatan Mind Map pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Jatinegara, Semester II, Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang merupakan perbaikan pembelajaran berdasarkan permasalahan yang dijumpai di kelas. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahapan yang meliputi perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di SMP Negeri 2 Jatinegara Kabupaten Tegal, Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020. Objek Penelitian Tindakan Kelas dalam penelitian ini kreatifitas dan hasil belajar IPA materi Lapisan Bumi yang akan ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Discovery pada siswa kelas VII D yang berjumlah 32 siswa terdiri atas siswa putra sebanyak 18 orang dan siswa putri sebanyak 14 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) proses pembelajaran IPA materi Lapisan Bumi dengan menggunakan model pembelajaran discovery melalui pembuatan Mind Map dapat meningkatkan kreativitas siswa, dan 2) peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran juga berimplikasi terhadap kesiapan siswa dalam proses pembelajaran IPA materi Lapisan Bumi, sehingga hasil belajar yang diperoleh juga meningkat.