Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII G Semester Genap SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan melalui Model Guide Discovery Learning
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v6i1.1179Keywords:
Motivasi, Hasil Belajar, Model Guide Discovery Learning, Interaksi Makhluk Hidup dengan LingkunganAbstract
Biologi merupakan salah satu cabang ilmu IPA yang mendukung kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Oleh karena itu pemahaman dan penguasaan konsep biologi pada siswa harus terus ditingkatkan. Kenyataan yang terjadi sebagian besar proses kegiatan belajar mengajar cenderung menggunakan metode ceramah sehingga siswa cenderung pasif dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Interaksi antar siswa masih sangat rendah sehingga penguasaan konsep-konsep biologi menjadi sangat lemah dan mengakibatkan siswa kurang berminat mempelajari biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola kelas, motivasi dan hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar dengan Model Guide Discovery Learning pada kompetensi Interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Action Research Classroom) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Guide Discovery Learning dapat mengefektifkan proses belajar mengajar di kelas ditinjau dari 1) Peningkatan guru dalam mengelola KBM dari siklus I dan siklus II dengan skor rata-rata secara berturut-turut: 2,5 (baik) dan 3,5 (sangat baik), 2) Aktivitas guru pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan Aktifitas siswa dalam pembelajaran juga terdapat peningkatan dari siklus I dan siklus II yaitu dari rata – rata 2,4 menjadi 4,8.