Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Metode Jigsaw Berbantuan Media Video Iklan Asuransi pada Siswa Kelas IX Semester Gasal SMP Negeri 1 Pangkah Tahun 2017/2018

Authors

  • Nono Darsono

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v6i1.1181

Keywords:

Keterampilan Menulis Cerpen, Metode Jigsaw, Media Video, Iklan Asuransi

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Pangkah pada semester gasal tahun pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Faktor yang diteliti yaitu penerapan metode Jigsaw dan media video iklan asuransi dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Pangkah. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan mulai bulan Agustus sampai November 2017. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Pangkah tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 34 siswa. Data dalam penelitian ini diambil dengan beberapa teknik diantaranya observasi, angket, tes tertulis bentuk uraian, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi foto. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Secara   keseluruhan   peningkatan   nilai   rata-rata   dari pra-tindakan hingga siklus II sebanyak 16,23. Nilai pra-tindakan sebanyak 66,86, nilai siklus I sebanyak 76,32 dan nilai siklus II sebanyak 83,09.

Downloads

Published

2022-05-01

How to Cite

Darsono, N. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Metode Jigsaw Berbantuan Media Video Iklan Asuransi pada Siswa Kelas IX Semester Gasal SMP Negeri 1 Pangkah Tahun 2017/2018: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 6(1), 27–34. https://doi.org/10.58436/dfkip.v6i1.1181