Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menghitung Skala Peta atau Denah melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas V SDN Jatilaba 01 Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v6i1.1185Keywords:
Kualitas Pembelajaran, Skala, Problem Based LearningAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menghitung skala peta atau denah. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, dimana pada setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dilakukan tes formatif pada setiap akhir pembelajaran pertemuan kedua untuk setiap siklusnya. Hasil belajar rata-rata pada siklus I adalah 72 sedangkan pada siklus II adalah 84. Ketuntasan siswa pada setiap siklusnya juga mengalami peningkatan yaitu 15 siswa (65%) tuntas pada siklus I menjadi 19 siswa (83%) tuntas pada siklus II dari jumlah keseluruhan siswa adalah 23 siswa. Peningkatan hasil belajar ini seiring dengan meningkatnya kualitas pembelajaran yang disajikan oleh guru pada setiap siklusnya.