Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menghitung Skala Peta atau Denah melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas V SDN Jatilaba 01 Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Iriana Widyastuti

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v6i1.1185

Keywords:

Kualitas Pembelajaran, Skala, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menghitung skala peta atau denah. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, dimana pada setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dilakukan tes formatif pada setiap akhir pembelajaran pertemuan kedua untuk setiap siklusnya. Hasil belajar rata-rata pada siklus I adalah 72 sedangkan pada siklus II adalah 84. Ketuntasan siswa pada setiap siklusnya juga mengalami peningkatan yaitu 15 siswa (65%) tuntas pada siklus I menjadi 19 siswa (83%) tuntas pada siklus II dari jumlah keseluruhan siswa adalah 23 siswa. Peningkatan hasil belajar ini seiring dengan meningkatnya kualitas pembelajaran yang disajikan oleh guru pada setiap siklusnya.

 

Downloads

Published

2022-05-01

How to Cite

Widyastuti, I. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menghitung Skala Peta atau Denah melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas V SDN Jatilaba 01 Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 6(1), 51–59. https://doi.org/10.58436/dfkip.v6i1.1185