Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Bahasa Arab dalam Melaksanakan Model Pembelajaran Kooperatif melalui Supervisi MTs di Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • Nurul Hidayah

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v6i1.1190

Keywords:

Kemampuan Guru, Supervisi dan Kooperatif

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada hasil supervisi/monitoring, bahwa guru Madrasah Tsanawiyah masih kesulitan dalam menyampaikan model pembelajaran sebagaimana diamanatkan dalam standar proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru Bahasa Arab dalam melaksanakan model pembelajaran Kooperatif melalui supervisi di MTs Kec.Kemranjen Kabupaten Banyumas. Subyek adalah seluruh guru mata pelajaran Bahasa Arab MTs di Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas yang berjumlah 7 orang dari 5 MTs Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas terdiri dari MTs Manu 1 Kemranjen, MTs Manu 3 Kemranjen, MTs Manu 4 Kemranjen, MTs WI Kebarongan, MTs Muhamadiyah Sirau, dikelompokkan menjadi 2 group, diskusi bersama pengawas sebagai fasilitator dan narasumber untuk memperoleh pemahaman bersama secara komprehensif. Kegiatan pembelajaran guru diobservasi dan hasil analisis data menunjukkan pada komponen pra pembelajaran penguasaan guru 82,86% (Baik), penutup pembelajaran penguasaan guru 80% (Baik), pengelolaan waktu penguasaan guru 80% (Baik), teknik bertanya 80% (Baik), penggunaan bahasa lisan dan tulisan 80% (Baik), serta pengamanan suasana kelas penguasaan guru adalah 74,29% (Baik), sedangkan pelaksanaan kegiatan inti penguasaan guru adalah 59,48% (Cukup). Untuk keseluruhan komponen aspek parameter yang diamati pada aksi pembelajaran guru, empat orang guru yang diobservasi berada pada kriteria baik dan tiga orang guru berada pada kriteria cukup. Dan hasil analisis data dapat diketahui setelah dilakukan tindakan pada siklus 2 terdapat peningkatan penguasaan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran yakni dari penguasaan guru 50,65% menjadi 59,48% atau meningkat 8.83%.  Aspek parameter yang diaamati pada aksi pembelajaran guru pada awal (sebelum tindakan dilakukan) sejumlah 7 orang pada kriteria kurang, pada siklus 1 sejumlah 2 orang pada kriteria “Kurang†dan 5 orang pada kriteria “Cukupâ€, dan pada siklus ke-2 sejumlah 3 orang pada kriteria pada kriteria “Cukupâ€, 4 orang pada kriteria “Baikâ€. Berdasarkan uraian di atas dapat dinyatakan bahwa supervisi dapat meningkatkan kemampuan guru bahasa Arab dalam melaksanakan model pembelajaran kooperatif MTs di Kec.Kemranjen Kabupaten Banyumas.

Downloads

Published

2022-05-01

How to Cite

Hidayah, N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Bahasa Arab dalam Melaksanakan Model Pembelajaran Kooperatif melalui Supervisi MTs di Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2020/2021: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 6(1), 95–102. https://doi.org/10.58436/dfkip.v6i1.1190