Upaya Peningkatan Kinerja Guru dalam Rancangan Pembelajaran melalui Supervisi Akademik Teknik Individual di Kecamatan Margadana Tahun Pelajaran 2019/2022
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v6i1.1191Keywords:
Kinerja Guru, Rancangan Pembelajaran, Supervisi AkademikAbstract
Dalam upaya pembelajaran guru dituntut memiliki multi peran sehingga mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif. Kinerja merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk melaksanakan, menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan harapan dan tujuan yang telah ditetapkan. Kinerja guru melalui peracangan pembelajaran merupakan salah satu kompetensi pedagogis yang harus dimiliki guru, yang akan bermuara pada pelaksanaan pembelajaran. Supervisi akademik merupakan kegiatan terencana yang ditujukan pada aspek kualitatif sekolah dengan membantu guru melalui dukungan dan evaluasi pada proses belajar dan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar. Desain penelitian ini adalah desain penelitian kualitatif dengan instrumen praktek dan supervisi klinis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata peningkatan kinerja guru MI Pengampu pelaksanaan Program Satu Jam Berjuang ( Tahfidz ) dabin II kec.Margadana adalah 81,6 % ( Siklus I ) menjadi 84,4 % ( Siklus II ) ada kenaikan sebesar = 2,8 %. Sedangkan Siklus ke III ada kenaikan rata-rata 86,1 (ada kenaikan 1,7 %). Hal ini menunjukkan bahwa dalam penelitian tersebut menunjukkan perkembangan persiklus terjadi perbaikan yang signifikan. Sehingga upaya peningkatan kinerja guru dalam rancangan pembelajaran melalui supervisi akademik tehnik individual dapat berhasil sesuai dengan peran dan tupoksi masing-masing.