PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI SEL VOLTA KELAS XII MIPA-4 SMA N 1 BUMIAYU

Authors

  • Azahra Inayah SMA Negeri 1 Bumiayu

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i1.1436

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran kimia berbasis kontekstual dengan model inkuiri terbimbing pada materi sel volta Kelas XII MIPA-4 SMA N 1 Bumiayu semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas,yang merupakan perbaikan pembelajaran  berdasarkan  permasalahan  yang  dijumpai  di  kelas. Penelitian tindakan  kelas ini terdiri atas empat  tahapan yang meliputi  perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Penelitian   Tindakan Kelas dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bumiayu  Kabupaten Brebes, Semester 1 Tahun  Pelajaran  2022/2023. Objek Penelitian Tindakan Kelas dalam penelitian ini adalah hasil belajar Kimia materi sel volta yang akan  ditingkatkan melalui  penerapan   model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kontekstual pada siswa kelas XII  yang berjumlah  36 siswa terdiri atas siswa putra sebanyak 10 orang dan siswa putri sebanyak 26 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan  kuantitatif. Hasil  penelitian  ini  adalah peningkatan hasil belajar kimia materi sel volta menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis kontekstual.

 

Kata Kunci: Sel Volta, Inkuiri Terbimbing, Kontekstual

Downloads

Published

2023-05-20

How to Cite

Inayah, A. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI SEL VOLTA KELAS XII MIPA-4 SMA N 1 BUMIAYU. Dialektika Jurnal Pendidikan, 7(1), 121. https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i1.1436