PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI SEL VOLTA KELAS XII MIPA-4 SMA N 1 BUMIAYU
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i1.1436Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran kimia berbasis kontekstual dengan model inkuiri terbimbing pada materi sel volta Kelas XII MIPA-4 SMA N 1 Bumiayu semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas,yang merupakan perbaikan pembelajaran berdasarkan permasalahan yang dijumpai di kelas. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahapan yang meliputi perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bumiayu Kabupaten Brebes, Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Objek Penelitian Tindakan Kelas dalam penelitian ini adalah hasil belajar Kimia materi sel volta yang akan ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kontekstual pada siswa kelas XII yang berjumlah 36 siswa terdiri atas siswa putra sebanyak 10 orang dan siswa putri sebanyak 26 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar kimia materi sel volta menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis kontekstual.
Kata Kunci: Sel Volta, Inkuiri Terbimbing, Kontekstual