IMPELEMENTASI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MENERAPKAN STORYTELLING PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI TEMBONGWAH 01

Authors

  • Muchamad Hamid SD Negeri Tembongwah 01

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i1.1442

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kompetensi pedagogik guru dalam mengelola pembelajaran Bahasa Indonesia pada aspek storytelling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru kelas dalam menerapkan storytelling pada  pelajaran Bahasa Indonesia melalui lesson study di SD Negeri Tembongwah 01 pada semester II Kecamatan Balapulang Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan rancangan siklustis, penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tiap siklus 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru kelas di SD Negeri Tembongwah 01 yang berjumlah 6 orang. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan rata-rata berpikir reflektif secara berturut-turut dari pra siklus, ke siklus I dan siklus II mengalami kenaikan sebanyak 9 poin pada kategori rendah, 10 poin pada kategori sedang, dan 12 poin pada kategori tinggi. Demikian pula terjadi peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Pada pra siklus rata-rata kemampuan guru 70% pada kategori cukup, pada siklus I rata-rata kemampuan guru 75% pada kategori cukup, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi menjadi 80% pada kategori tinggi.  Berdasarkan atas hasil analisis data ini, dapat disimpulkan bahwa implementasi lesson study dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menerapkan storytelling pada  pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Tembongwah 01 semester II Kecamatan Balapulang Tahun Pelajaran 2021/2022.

 

Kata Kunci: Lesson Study, Kemampuan Pedagogik, Storytelling.

Downloads

Published

2023-05-20

How to Cite

Hamid, M. (2023). IMPELEMENTASI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MENERAPKAN STORYTELLING PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI TEMBONGWAH 01 . Dialektika Jurnal Pendidikan, 7(1), 131. https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i1.1442