UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI MEMAHAMI KEDUDUKAN DAN FUNGSI PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS VIII.G SMP N 1 MARGASARI SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Toridah Toridah SMP Negeri 1 Margasari

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i1.1444

Abstract

Penggunaan metode ceramah dan tanya jawab dalam pembelajaran yang disajikan oleh guru Pendidikan Kewarganegaraan pada materi memahami kedudukan dan fungsi Pancasila mengakibatkan siswa pasif dan hasil belajar siswa rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan upaya perbaikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran STAD. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar memahami kedudukan dan fungsi Pancasila. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, dimana pada setiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan. Untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran dilakukan observasi oleh observer, sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa dilakukan tes formatif pada setiap akhir pembelajaran pertemuan kedua untuk setiap siklusnya.Hasil penelitian pada siklus I pertemuan 1 mendapat skor 33 dengan prosentase 55% kriteria “Cukup Aktif”, pertemuan 2 mendapatkan skor 38 dengan prosentase 63,3% kriteria “ Cukup Aktif” dan pertemuan 3 mendapatkan skor 42 dengan presntase 70% kriteria “ Cukup Aktif” . Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 mendapatkan skor 46 dengan prosentase 76,67% % kategori “Aktif”, pertemuan 2 mendapatkan skor 51 dengan prosentase 85%% kategori “Aktif” dan pada pertemuan 3 mendapatkan skor 57 dengan prosentase 95% kriteria “Sangat Aktif". Nilai rata-rata pada siklus I adalah 78,59%  sedangkan pada siklus II adalah 86,40. Ketuntasan siswa pada setiap siklusnya juga mengalami peningkatan yaitu 23 siswa (72%) tuntas pada siklus I menjadi 30 siswa (94%) tuntas pada siklus II dari jumlah keseluruhan siswa adalah 32 siswa. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar ini seiring dengan meningkatnya kualitas pembelajaran yang disajikan oleh guru pada setiap siklusnya.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, STAD

Downloads

Published

2023-05-20

How to Cite

Toridah, T. (2023). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI MEMAHAMI KEDUDUKAN DAN FUNGSI PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS VIII.G SMP N 1 MARGASARI SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2022/2023. Dialektika Jurnal Pendidikan, 7(1), 152. https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i1.1444