PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MATERI DINAMIKA PERWUJUDAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN PANDANGAN HIDUP BANGSA MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DI SMP NEGERI 1 MARGASARI SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Muji Asri SMP Negeri 1 Margasari

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i1.1445

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pertama, meningkatkan hasil belajar PPKn materi Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa melalui penggunaan model pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IXF SMP Negeri 1 Margasari Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023, kedua, memperoleh gambaran proses pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Tahapan penelitian setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek adalah siswa kelas IX F yang terdiri dari 12 siswa putra dan 20 siswa putri. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif. Sedangkan analisis data kualitatif yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar, kedua, proses pelaksanaan pembelajaran dengan model STAD dapat dilakukan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah yang telah dilakukan sebagaimana sintak yang tersedia.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, PPKn, Model Student Teams Achievement Division (STAD)

 

Downloads

Published

2023-05-20

How to Cite

Asri, M. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MATERI DINAMIKA PERWUJUDAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN PANDANGAN HIDUP BANGSA MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DI SMP NEGERI 1 MARGASARI SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Dialektika Jurnal Pendidikan, 7(1), 163. https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i1.1445