PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU JELAJAH PETA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i1.1450Abstract
Motivasi dan Hasil pembelajaran pada muatan pelajaran IPS yang terjadi di SD Negeri Sesepan 02 belum menunjukkan hasil yang optimal. Untuk mengatasi hal tersebut, guru menggunakan pendekatan cooperative learning tipe STAD dengan menggunakan media kartu jelajah peta. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sesepan 02 semester I tahun pelajaran 2022 / 2023 sebanyak 20 siswa dibantu 2 orang guru sebagai observer. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus,masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan mulai dari bulan September s.d. Desember 2022. Prosedur penelitian tindakan yang ditempuh merupakan siklus yang mencakup 4 tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanan tindakan, (3) observasi, dan (4) evaluasi-refleksi. Untuk pengumpulan data, peneliti mendesain 3 (tiga) instrumen, yaitu (1) lembar observasi, (2) lembar angket, dan (3) tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I pembelajaran melalui pendekatan cooperative learning tipe STAD dengan menggunakan kartu jelajah peta jumlah siswa yang mencapai KKM ada 14 anak atau 70 % berarti belum mencapai indikator keberhasilan 80 % dengan rata-rata motivasi 36,30 kategori sedang.Untuk itu ditindaklanjuti pada siklus II dengan hasil belajar 18 siswa mencapai mencapai KKM atau 88 % melampaui target indikator keberhasilan 80 % dengan rata-rata motivasi 42,45 dengan kategori tinggi. Simpulan yang dapat ditarik dari PTK ini adalah melalui pendekatan cooperative learning tipe STAD dengan menggunakan media kartu jelajah peta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Sesepan 02 tahun pelajaran 2022 / 2023.
Kata Kunci: Motivasi,Hasil Belajar,Cooperative Learning,Kartu Jelajah Peta