PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI RECOUNT TEXT MENGGUNAKAN COOPERATIVE LEARNING MODEL GROUP INVESTIGATION

Authors

  • Eni Puji Hastuti SMA Negeri 1 Bumiayu

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i2.1594

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X.9 SMA Negeri 1 dalam memahami materi Recount Text . Penyebab terjadinya hal tersebut berasal dari siswa maupun guru. Siswa kurang berminat dalam pembelajaran sehingga tingkat pemahamannya tidak sesuai dengan yang diharapkan guru dan siswa enggan bertanya langsung pada guru. Penyebab yang lain adalah berasal dari guru. Guru kurang dapat menumbuhan motivasi siswa untuk lebih menyukai pembelajaran bahasa Inggris dan guru kurang mampu dalam menerapkan dan memilih model pembelajaran yang inovatif dan variatif sehingga proses pembelaaran yang berlangsung sangat membosankan dan tidak semua siswa terlayani. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X.9 SMA Negeri 1 Bumiayu Kabupaten Brebes agar diperoleh hasil yang memuaskan. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dengan teman sejawat melalui 2 (dua ) siklus. Dari hasil pengamatan pada siklus I selama proses pembelajaran menunjukkan bahwa siswa mulai terlibat aktif dalam pembelajaran. Hal ini tersebut berdampak pada keaktifan dan hasil belajar meningkat 75% pada siklus I. Kemudian dilakukan perbaian dan penyempurnaan maka proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation semakin baik. Siswa semakin antusias dalam proses pembelajaran. Hal tersebut berdampa pada hasil belajar pada siklus II meningkat 88,88% Dari 36 siswa diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 88,88%. Berdasaran hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa melalui model pembelaaran Kooperatif Tipe Group Investigation dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar memahami materi Recount Text pada siswa kelas X.9 SMA Negeri 1 Bumiayu .

Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Group Investigation, Recount Text

 

Downloads

Published

2023-10-26

How to Cite

Puji Hastuti, E. (2023). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI RECOUNT TEXT MENGGUNAKAN COOPERATIVE LEARNING MODEL GROUP INVESTIGATION. Dialektika Jurnal Pendidikan, 7(2), 243–254. https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i2.1594