MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MATERI PROTISTA DENGAN MODEL NUMBER HEADS TOGETHER DAN MEDIA KOBER PADA SISWA KELAS X MIPA-4 SMA NEGERI 1 BUMIAYU
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i2.1627Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran biologi materi protista menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dan media Kober pada siswa kelas X-MIPA 4 SMA N 1 Bumiayu semester 1 tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang merupakan perbaikan pembelajaran berdasarkan permasalahan yang dijumpai di kelas. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahapan yang meliputi perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bumiayu Kabupaten Brebes, Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Objek Penelitian Tindakan Kelas dalam penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar biologi materi protista yang akan ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dan media Kober pada siswa kelas X-MIPA 4 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya motivasi dan prestasi belajar biologi materi protista menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dan media Kober.
Kata Kunci: Protista, Number Heads Together, Kober Media