IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI JOGJA GREEN SCHOOL
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i2.1632Abstract
Metode pembelajaran berbasis alam adalah metode pembelajaran yang memanfaatkan alam sebagai sumber dan tempat belajar. Melalui inisiatif ini, Jogja Green School telah berhasil menciptakan lingkungan belajar yang membangun kesadaran lingkungan dan karakter peduli pada para siswanya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualititaif deskriptif, dengan pelaksanaanya menggunakan metode observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis alam sangat efektif digunakan untuk membentuk karakter peduli lingkungan siswa di Jogja Green School. Hal ini dibuktikan dengan penerapan pembelajaran berbasis alam yang sudah tertanam dalam diri siswa dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Alam, Karakter Peduli Lingkungan