UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENJASORKES MELALUI BERMAIN VARIASI LARI SISWA KELAS VIII C
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i2.1638Abstract
Permasalahan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah rendahnya nilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran lari jarak pendek, 46,88% masih rendah. Rendahnya hasil belajar yang diperoleh disebabkan karena guru datang ke lapangan siswa disuruh mempraktikan secara berulang-ulang kemudian guru memberikan pengarahan setelah siswa melakukan kesalahan dan miskin suasana bermain. Upaya peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan bermain variasi lari. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar llari jarak pendek pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Balapulang Kabupaten Tegal semester genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian dilaksanakan secara kolaboratif dengan teman sejawat melalui 2 siklus penelitian. Keaktifan siswa pada kondisi awal 47,40% setelah dilakukan tindakan pada siklus I naik menjadi 72,40% dan pada siklus II 78,65%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dimana pada kondisi awal persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 53,13%, pada siklus I sebesar 78,13% dan pada siklus II 90, 63%. Saran untuk guru penjasorkes bahwa bermain variasi lari dapat diterapkan dalam pembelajaran lari jarak pendek.
Kata Kunci: Bermain Variasi Lari, Hasil Belajar, Keaktifan.