UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING GAYA HOP STEP MELALUI BERMAIN LEMPAR PADA SISWA KELAS SMP
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i2.1640Abstract
Permasalahan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran lempar lembing gaya hop step, yaitu 43,75% siswa mendapat nilai di bawah KKM. Upaya peneliti untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan bermain lempar dalam pembelajaran lempar lembing gaya hop step. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar lempar lembing gaya hop step pada siswa kelas IX F SMP Negeri 1 Margasari Semester Gasal Tahun Ajaran 2022. Penelitian dilaksanakan secara kolaboratif dengan teman sejawat melalui 2 siklus penelitian, siklus I bermain lempar menggunakan bola sedangkan pada siklus II bermain lempar menggunakan bilah berekor. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan pada kondisi awal hanya sebesar 36,98% sedangkan pada siklus I sebesar 70,31% serta pada siklus II sebesar 82,29% dan hasil belajar lempar lembing gaya hop step pada kondisi awal hanya sebesar 43,75% sedangkan pada siklus I sebesar 78,13% serta pada Siklus II sebesar 93,75%. Saran bagi guru PJOK bahwa bermain lempar dapat diterapkan dalam pembelajaran lempar lembing gaya hop step..
Kata Kunci: Hasil Belajar, Keaktifan, Bermain Lempar.