PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI AKTIVITAS MEMENUHI KEBUTUHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA

Authors

  • Rina Mulati SMP Negeri 1 Margasari Kabupaten Tegal

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i2.1641

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Materi Aktivitas Memenuhi Kebutuhan Melalui  Model Pembelajaran Make a Match Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Margasari Semester Gasal Tahun Ajaran 2022/2023 Kabupaten Tegal. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Margasari Semester Gasal Tahun Ajaran 2022 / 2023 dengan jumlah siswa 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa cara : 1) observasi  2) tes tulis 3) dokumentasi. Penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Besarnya peningkatan belajar siswa dapat diketahui pada siklus I rata-rata hasil penilaian harian adalah 74 dan 19 siswa (59%) mencapai ketuntasan sedangkan 13 siswa (41%) belum mencapai ketuntasan.  Pada siklus II rata-rata hasil penilaian harian adalah 84 dan 29 siswa (91%) telah mencapai ketuntasan sedangkan 3 siswa (9%) masih belum mencapai ketuntasan. Dengan demikian ada peningkatan 32%. Aktivitas siswa dapat diketahui pada siklus I rata rata 70% dan siklus II rata-rata  menjadi 87%, ada peningkatan 17%. Demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada materi Aktivitas Memenuhi Kebutuhan.

Kata KunciAktivitas, Hasil belajar, Model Pembelajaran Make a Match

Downloads

Published

2023-10-26

How to Cite

Rina Mulati. (2023). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI AKTIVITAS MEMENUHI KEBUTUHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA . Dialektika Jurnal Pendidikan, 7(2), 305–318. https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i2.1641