Analisis Buku Teks Bahasa dan Sastra Indonesia SMA Kelas XI dalam Teori Greene dan Petty
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v8i1.1735Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas buku teks Bahasa Indonesia SMA kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah buku teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dasar penentuan kualitas digunakan sepuluh kriteria yang disarankan oleh Greene and Petty. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kualitas buku teks Bahasa Indonesia SMA/MA kelas XI yang selama ini digunakan Siswa SMA kelas XI termasuk kategori sedang. Hal itu disebabkan oleh adanya komponen-komponen dalam buku teks yang digunakan belum sepenuhnya sesuai dengan kriteria yang dikemukakan oleh Greene and Petty.
Kata kunci: Buku Teks, Teori Greene dan Petty