PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MATERI LEMBAGA PEMERINTAHAN PUSAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN KALISALAK 02 SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i1.269Keywords:
Hasil Belajar, Make A Match, PKn, Lembaga Pemerintahan PusatAbstract
Abstrak: Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn materi lembaga pemerintahan pusat. Tak Kurang dari 55% siswa masih belum mencapai KKM yang ditentukan.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kalisalak 02 dengan jumlah siswa 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan10 siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan prosentase jumlah siswa yang tuntas juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari kondisi awal sebelum tindakan 45% menjadi 65% pada siklus I dan menjadi 85% pada siklus II. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi lembaga pemerintahan pusat pada siswa kelas IV.
Abstract: The background of this study is the low learning outcomes of PKn in subject materials central government institutions. Not less than 55% of students is still had not reached the KKM specified. The subject of this research is the fourth grade students of SD Negeri Kalisalak 02 with the number of students 20 students consisted of 10 male students and 10 female students. The method of data collection used tests, observation, documentation, and interviews. Based on the results of the research is showed that the percentage of complete number of students also experienced a significant increase from the initial conditions before the action 45% being 65% in cycle I and to 85% in cycle II. Thus, it can be concluded that through the model of learning Make a Match can improve the learning outcomes of PKn in subject materials central government institutions in students of class IV.