MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MATERI KERJASAMA NEGARA-NEGARA ASIA TENGGARA MELALUI METODE COOPERATIVE JIGSAW SISWA KELAS 6 SD NEGERI DUKUHTENGAH 03 TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

Authors

  • Muftikhatul Latiefah

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i1.270

Keywords:

cooperative Jigsaw, aktifitas, hasil belajar, PKn

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKN materi kerjasama Negara-negara Asia Tenggara melalui metode Cooperative Jigsaw siswa kelas 6 SD Negeri Dukuhtengah 03 tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes,observasi dan dokumentasi.Data penelitian berupa aktifitas siswa dan hasil belajar siswa yang meliputi ranah kognitif,afektif dan psikomotor. Pada kondisi awal 9 siswa yang memiliki nilai diatas KKM 65. Pra siklus I mengalami peningkatan hasil belajar sebanyak 17 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM.Pada siklus II juga mengalami peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 25 siswa yang mendapat nilai diatas KKM.Untuk keaktifan siswa pada siklus I rata-rata 67 dan pada siklus II rata-rata menjadi 80 dari sebelumnya hanya 38 Berdasarkan data tersebut dapat di simpulkan bahwa dengan metode Cooperative Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKN  materi kerjasama Negara-negara Asia Tenggara siswa kelas 6 SD Negeri Dukuhtengah 03 tahun pelajaran 2016/2017. .

 

Abstract: The aim of this research is to improve the activities and learning outcomes of PKN in subject material cooperation of Southeast Asian Countries through the method of Cooperative Jigsaw in the grade 6 SD Dukuhtengah 03 at the academic year 2016/2017. This research is a classroom action research. The technique of data collection was used tests, observations and documentation. The research data is student activities and student learning outcomes that include the realm of cognitive, affective and psychomotor. In the initial condition there are 9 students who have value above KKM 65. Pre cycle I the learning outcomes increased to 17 students who get value of test results above KKM. In the cycle II student learning outcomes also increased to 25 students who get value above KKM. In the students activeness in cycle I average 67 and cycle II average being 80 from previous only 38. Based on the data can be concluded that through the Cooperative Jigsaw method can improved the activity and learning outcomes of PKN in subject material cooperation of Southeast Asian Countries in the grade 6 SD Dukuhtengah 03 at the academic year 2016/2017.

Downloads

Published

2018-05-31

How to Cite

Latiefah, M. (2018). MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MATERI KERJASAMA NEGARA-NEGARA ASIA TENGGARA MELALUI METODE COOPERATIVE JIGSAW SISWA KELAS 6 SD NEGERI DUKUHTENGAH 03 TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 2(1), 60–69. https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i1.270