PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SATUAN DEBIT MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI PAKULAUT 03 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Uminah Uminah

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i1.275

Keywords:

Hasil Belajar, Satuan Debit, PembelajaranMatematika Realistik

Abstract

Abstrak: Hasil observasi menunjukkan bahwa guru belum melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran sehingga hasil belajar Matematika masih rendah, hal ini di tunjukan dengan rata – rata nilai hasil belajar pada pembelajaran pra siklus adalah  58,57 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 35,71%. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa kelas VI SD Negeri Pakulaut 03  yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan siklus I, rata – rata hasil belajar sebesar 68,93 dengan ketuntasan belajar klasikal 57,14%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,36 dengan ketuntasan belajar klasikal 85,72%. Dengan demikian, Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VI SD Negeri Pakulaut 03 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal.

Abstract: The result of the observation indicates that the teacher has not involve the students in the learning directly , so the learning result of Mathematics is still low, it is indicated by the average of the result of learning in pre-cycle learning is 58,57 and 35,71% classical learning completeness. This classroom action research aims to improve the learning outcomes of Mathematics through Realistic Mathematics Learning. Classroom action research is conducted in 2 cycles consisted of planning, implementation, observation, and reflection. The subject of this research is the students of grade VI SD Negeri Pakulaut 03  with total number of 28 students. The techniques of data collection are tests and observations. The technique of data analysis conducted quantitative descriptively and qualitative. The results of this research showed that in the cycle I the average learning is amount 68.93 with classical learning completeness 57.14%. The students learning outcomes have increased in cycle II being 80,36 with classical learning completeness 85,72%. Thus, Realistic Mathematics Learning can improve the learning outcomes of Mathematics of of grade VI of SD Negeri Pakulaut 03 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal.


Downloads

Published

2018-05-31

How to Cite

Uminah, U. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SATUAN DEBIT MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI PAKULAUT 03 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i1.275