Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Examples Non Examples pada Siswa Kelas V SDN Jembayat 01
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i2.315Keywords:
Hasil Belajar, Examples Non ExamplesAbstract
Abstrak: Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar IPA materi pesawat sederhana kelas 5 SDN Jembayat 01 rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap bahwa penerapan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa IPA materi pesawat sederhana pada siswa kelas 5 SDN Jembayat 01. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis datanya menggunakan deskriptif kuantitatif. Obyek tindakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Jembayat 01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 mencapai 67,73 dan pada siklus 2 mencapai 74,77 naik sebesar 16 %. Ketuntasan klasikal siklus 1 mencapai 59,09 % siklus 2 mencapai 81,82% naik sebesar 22,73%. Kesimpulan Melalui model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Abstract: The background of this research is the low of the result of learning IPA in subject material simple plane in the grade 5 of SDN Jembayat 01. The purpose of this research is to reveal that the application of learning models Examples Non Examples can improve the student learning outcomes in subject IPA material simple plane on the grade 5 of SDN Jembayat 01. This study used Classroom Action Research method. The data collection used tests and observations. The data analysis used quantitative descriptive. The Object of action in this research is the result of student learning. The subject of this research is the students of grade V SD Negeri Jembayat 01. The results of this research showed that through the model of Examples Non Examples can improve student learning outcomes. The average value of student learning outcomes in cycle 1 reached 67.73 and in cycle 2 reached 74.77 up by 16%. Classical completeness of cycle 1 reached 59.09% cycle 2 reached 81.82% up by 22.73%. Thus, can proven that learning through Examples Non Examples model can improve the student learning outcomes.