Peningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Tentang Wilayah Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT Dengan Media Tabu pada Siswa Kelas VI Semester 1 SD Negeri Maribaya 01 Tahun Pelajaran 2016-2017

Authors

  • Nasirrudin Nasirrudin

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i2.320

Keywords:

Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Media Peta Buta

Abstract

Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan, aktivitas dan hasil belajar siswa  kelas IV SD Negeri Maribaya 1 Semester I tahun pelajaran 2016-2017. Subjek penelitian siswa kelas VI yang berjumlah 25. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran materi wilayah Indonesia mengalami peningkatan melalui media Peta Buta. Aktivitas siswa dari 5 indikator rata-rata siklus I sebesar 72,92% (kategori aktif) menjadi 87,08% pada Siklus II (kategori aktif). Hasil belajar pada kondisi awal ketuntasan kelas hanya sebesar  40% rata-rata 64,40 meningkat siklus I mencapai 68% rata-rata 72,80 dan pada siklus II menjadi 92% dengan rata-rata kelas 84,40. Kesimpulan dari penelitian ini penerapan pembelajaran  media Peta Buta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Mapel IPS materi wilayah Indonesia pada siswa kelas VI semester 1 SDN Maribaya 01 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016 – 2017.

 

Abstract:This classroom action research aims to improve the students’ activity and learning outcomes of grade IV SD N Maribaya in first semester at the Academic Year 2016-2017. The subject of this research is the students of grade VI with total number of 25 students. The method of data collection is used tests, observation, and documentation. Based on the result of study of learning material Indonesia region have increased through media of Blind Map. Student activity from 5 indicator average cycle I was 72,92% (active category) to 87,08% in Cycle II (active category). Learning outcomes at the initial condition of class completeness only by 40% on average 64.40 increased cycle I reached 68% on average 72.80 and in the second cycle being 92% with an average grade of 84.40. The conclusion of this research is the application of learning Blind Map media can improve the activities and learning outcomes in subject IPS material region of Indonesia in the students of class VI semester 1 SDN Maribaya 01 District Kramat Tegal District at The Academic Year 2016 - 2017.

Downloads

Published

2018-10-01

How to Cite

Nasirrudin, N. (2018). Peningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Tentang Wilayah Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT Dengan Media Tabu pada Siswa Kelas VI Semester 1 SD Negeri Maribaya 01 Tahun Pelajaran 2016-2017: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 2(2), 44–53. https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i2.320