Peningkatan Hasil Belajar Guling Depan Melalui Penerapan Media Papan Miring pada Siswa Kelas IV SD Negeri Wanasari Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016

Authors

  • Samsul Fata

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i2.324

Keywords:

Hasil Belajar, Media Pembelajaran Papan Miring

Abstract

Abstrak: Hasil belajar siswa Guling depan mata pelajaran Pendidikan jasmani dan kesehatan kelas IV SD Negeri Wanasari rendah. Peneliti ini memusatkan pada upaya meningkatkan hasil belajar Guling ke depan dengan media papan miring. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar di setiap siklus. Rata-rata kelas mengalami peningkatan dari 66,39 menjadi 69,72 pada siklus I dan 75,83 pada siklus II. Pembelajaran siklus I siswa yang aktif sebanyak 67% naik menjadi 83% pada siklus II. Sehingga penggunaan media matras yang dibuat miring mampu meningkatkan hasil belajar guling depan siswa.

 

Abstract: The problem in this research contents is about the low of student learning outcomes’ forward roll of phsycal education and health sciences at class IV in SD N Wanasari. The researcher focuses on improving study result of forward roll by applying the implementation of slanted board media. The kind of this research is classroom action research which was conducted in two cycles. The results showed that there was an increase in motivation and learning outcomes in each cycle. The class average has increased 66.39 point being 69.72 in the first cycle and 75.83 in the second cycle. The active students in the cycle I are 67% increased to 83% in the cycle II. Thus, the implementation of the slanted mattresses can improve student learning outcomes in subject forward roll of Phsycal Education and Health Sciences.

Downloads

Published

2018-10-01

How to Cite

Fata, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Guling Depan Melalui Penerapan Media Papan Miring pada Siswa Kelas IV SD Negeri Wanasari Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 2(2), 83–93. https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i2.324