Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumahan Pecahan yang Berpenyebut Tidak Sama dengan Menggunakan Model Tutor Sebaya di Kelas V SD Negeri Dukuhtengah 02 Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i2.325Keywords:
Aktivitas, Hasil belajar, Model Tutor SebayaAbstract
Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi penjumlahan pecahan yang berpenyebut tidak sama dengan menggunakan model tutor sebaya. Dalam tiap siklusnya terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, implementasi, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yang ditandai dengan: Peningkatan nilai aktivitas belajar siswa di siklus I dengan prosentase 63 % menjadi 94% di siklus II, naik sebesar 31%. Peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan ketuntasan belajar klasikal yang di siklus I memperoleh prosentase 71% dan siklus II menjadi84% naik sebesar 13%.
Abstract: This classroom action research aims to increase the activity and learning outcomes of mathematics of the fractional addition denominator Inequalities using peer tutor model. In each cycle there are 4 stages of planning, implementation, action, observation, and reflection. The results showed that there is an increase in activity and learning outcomes of students from cycle I to cycle II is characterized by: Improving the value of student learning activities in cycle I with the percentage of 63% being 94% in cycle II, up by 31%. Improvement of student learning outcomes based on the completeness of classical learning in cycle I get percentage of 71% and cycle II to84% up by 13%.